Dayat Tetap Sabar Rawat Anaknya Meski Menderita Stroke

blogger templates


Dayat Tetap Sabar Rawat Anaknya Meski Menderita Stroke - Dalam kamar bedeng berukuran 2,5 × 3 meter, seorang gadis perawan berusia 20 tahun, Estianah, terbaring lemah di atas kasur tanpa dipan, Rabu (1/10/2014). Meski usianya 20 tahun, perempuan yang disapa Iis ini, tidak bisa melakukan aktivitas apapun.
Ia tidak sendirian. Iis tinggal bersama ayahnya, Agiyat (64). Selama 20 tahun itulah Dayat, sapaan ayahnya, merawat anak pertamanya itu.
Sesekali Iis tertawa lirih saat Dayat menepuk tangan kanannya. Penderitaan Iis tak hanya itu, Dayat sejak enam tahun terakhir, menderita stroke.
Ia mengeluh tangan kanannya kesemutan dan nyeri, hingga menjalar seluruh tubuh. Meski begitu, pria asal Banyuwangi ini tetap merawat Iis dengan sabar.
"Kalau pipis dan berak di celana, seperti bayi. Saya yang ganti celananya. Kalau mandi, saya gendong dia," papar lelaki dengan nada sedikit terbata-bata.
Dulunya, Dayat tinggal bersama istri  bernama Sumiati (45). Namun, Sumiati meninggal satu tahun lalu.
Padahal, istrinya menjadi tulang punggung keluarga, sejak Dayat stroke dan Iis sakit. Ia berprofesi sebagai tukang pijat panggilan.
Kini, mereka berdua hanya mengandalkan pemberian uang dari warga sekitar serta kedua anaknya yang sehat.
Dayat memiliki dua anak kandung dan satu anak tiri, di antaranya, Iis dan Wawan (18) serta Rudi, putra dari Sumiati.
Untuk kebutuhan makan, Dayat masih mendapat kiriman makanan dari Rudi. Lelaki berkaos biru ini menceritakan, dulu Iis lahir secara normal.
Tidak ada gejala yang menandakan ia akan jatuh sakit seperti saat ini. Hingga usianya menginjak satu tahun, Iis mengalami step dan demam tinggi.
"Waktu itu istri saya yang memeriksakan Iis ke dokter daerah Jimbaran. Saya gak tahu dokter bilang kena penyakit apa. Saat itu hanya dikasih obat," kata Dayat.
Panasnya tak kunjung turun. Sumiati, yang memang berprofesi sebagai tukang pijat, hanya memijat anak gadis satu-satunya itu. Keterbatasan danalah yang menjadi kendala mereka.  (*)

1 Response to "Dayat Tetap Sabar Rawat Anaknya Meski Menderita Stroke"

  1. Syukur Alhamdulillah di tahun ini Saya mendapatkan Rezeki yg berlimpah sebab sudah hampir 9 Tahun Saya bekerja di (SINGAPORE) tdk pernah menikmati hasil jeripaya saya karna Hutang keluarga Sangatlah banyak namun Akhirnya, saya bisa terlepas dari masalah Hutang Baik di bank maupun sama Majikan saya di Tahun yg penuh berkah ini,
    Dan sekarang saya bisa pulang ke Indonesia dgn membawakan Modal buat Keluarga supaya usaha kami bisa di lanjutkan lagi,dan tak lupa saya ucapkan Terimah kasih banyak kepada MBAH SURYO karna Beliaulah yg tlah memberikan bantuan kepada kami melalui bantuan Nomor Togel jadi sayapun berhasil menang di pemasangan Nomor di SINGAPORE dan menang banyak
    Jadi,Bagi Teman yg ada di group ini yg mempunyai masalah silahkan minta bantuan Sama MBAH SURYO dgn cara tlp di Nomor ;082-342-997-888 percaya ataupun tdk itu tergantung sama anda Namun inilah kisa nyata saya

    ReplyDelete